16/10/15

Tips Menghilangkan Virus Malware pada HP Android



Sepanjang dua bulan ini, banyak pengguna HP android yang bingung dengan ulah virus atau malware yang mengganggu kenyamanan dalam penggunaan HP atau Smartphone. Saya taunya juga pas OPPO saya sering muncul program program dan iklan ngga jelas. Virusnya sih ngga bahaya, hanya saja selalu muncul saat kita menjalankan aplikasi, jadi ngga nyaman kalau kita mau buka sosmed atau aplikasi lain.

Awalnya ngga mengganggu jika dibiarkan, tapi lama kelamaan virusnya makin banyak dan makan memori, baterai serta menggerus kuota internet, bahkan membuat HP kita semakin lambat. Kalau di OPPO yang saya alami sendiri, file programnya bisa bernama "timeservice" atau "androidSystem" dll. di HP lain bisa dengan nama yang berbeda tapi dengan karekter penganngu yang sama, lebih jauh lagi mereka juga membawa selipan iklan iklan yang menambah gangguan semakin rusuh.

Sebal dengan itu semua. langkah pertama saya adalah dengan menghapus programnya di fitur pengelolaan aplikasi. Program program yang mencurigakan  di uninstal atau di nonaktifkan dan di paksa berhenti. Sesaat cara ini berhasil tapi ngga sampai satu menit program ini muncul lagi secara otomatis. 

Bingung dengan langkah pertama, maka mulai dengan lengkah ke dua, yaitu coba search dan download anti virus di playstore. Dapet anti virusnya langsung pasang dan pindai. Efektif, antivirus mendeteksi file aneh tadi sebagai masalah. Sayangnya tindakan berikut kita disuruh menonaktifkan file tersebut secara manual. Ini sih sama dengan cara pertama tadi, artinya anti virus hanya mendeteksi tidak menghilangkan virus tersebut. bahkan ada beberapa file aneh yang dianggap aman oleh antivirus tersebut. Langkah kedua makin membingungkan karena pasang antivirus justru membuat gangguan makin hebat.

langkah ke tiga, restart ulang HP dengan mengatur settingan kembali ke pabrik, tentu dengan resiko data dan aplikasi hilang. tapi reset kembali ke pabrik juga ngga mempan. file aneh aneh yang tadi muncul lagi. Akhirnya search lagi di google berharap ada yang share kasus yang sama dan kasih triknya. dan ternyata ada yang kasih tips tapi ribet dan tidak mudah dilakukan oleh orang awam karena ketersediaan alat dan program pendukung yang terbatas. Ya udah, mau ngga mau dateng ke tukang servis HP. Pas tanya, ternyata ini virus lagi booming. Tukang servis HP lagi kebanjiran order servisan karena virus ini. Dengan kondisi seperti  ini tukang servis berani menjanjikan HP bisa selesai di servis dalam waktu 3 hari dengan biaya 150 ribuan. Dengan biaya yang lumayan tapi waktu pengerjaan lama, mendingan cari alternatif lain. Masa cuman instal ulang aja lama, mungkin karena programnya ngga asli jadi hacknya makan waktu dan tenaga.

Cara terakhir adalah coba cari informasi ke perwakilan resmi. Jadilah googling lagi, kali ini yang dicari alamat service centre OPPO. Dapet alamat terdekat di mall ambasador. Langsung deh meluncur ke TKP, di lokasi ngantri sebentar karena sepertinya banyak juga pasien yang senasib. Dan ternyata benar, menurut petugas oppo service centre nya virus ini emang lagi banyak nyerang dua bulanan ini. Satu satunya cara ya instal ulang program dan di service centre ini instal ulang program paling lama waktunya setengah jam dan yang menggembirakannya lagi, instal ulangnya tanpa biaya alias gratis.

Jadi, dari pada ribet dan lama. Kalau HP terkena virus semacam ini mending langsung datangi service centre resmi biar bisa langsung di instal ulang.

Tidak ada komentar: